Jumat, 08 Mei 2015

Wisata Kerajinan Batik Jogjakarta



Wisata Kerajinan Batik Yogyakarta, Wisata Batik Jogjakarta, Tempat Pembuatan Batik Jogjakarta
Mau berbelanja batik sembari belajar membatik catat dengan cara segera? Seluruhnya itu dapat Anda peroleh di Sentra Batik Giriloyo, Yogyakarta.

Kampung Batik Giriloyo adalah kampung kerajinan serta produksi batik catat yang ada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Balai Besar Kerajinan Batik Giriloyo ada di Jl Kusuma Negara 7, Yogyakarta.
Wisata Batik Jogja

Di lokasi kampung batik ini, ada seitar 800 pembatik yang terdiri ke kelompok-kelompok serta semuanya terhimpun dalam organisasi Paguyuban Batik Catat Giriloyo. Bila datang ke kampung batik catat ini, pengunjung bisa tahu serta memelajari seluk beluk pembuatan batik catat.

Kesibukan membatik ini sendiri, sudah berjalan mulai sejak berdirinya Kompleks Makam Raja-raja Mataram Imogiri pada th. 1954. Lalu, beberapa abdi dalam yang pelihara makam, mengajarkan rakyat seputar dengan ketrampilan membatik.

Tempat Wisata dan Belajar Batik Di Jogjakarta, Wisata Batik Jogjakarta, Tempat Pembuatan Batik Jogjakarta
Tiap-tiap daerah pasti mempunyai kekhasan batiknya semasing, begitupun dengan batik catat Giriloyo. Batik catat Giriloyo mempunyai ciri khas di jenis, motif dantentu saja pewarnaan. Umumnya, motif batik yang dipakai memiliki kandungan arti sendiri.

Sebagian motif batik Giriloyo yang populer yaitu sido asih yang memiliki kandungan arti, si pengguna apabila telah berumah tangga senantiasa penuh kasih sayang. Terkecuali sido asih, ada juga sido mukti, sido mulyo, serta sido mulia. Nah, untuk Anda yang barusan menikah serta merindukan hadirnya momongan, dapat memakai batik dengan motif semen gendhang.

Untuk pewarnaan, batik Giriloyo tawarkan dua jenis pewarnaan, yaitu alami serta sintesis. Pewarnaan alami yang dipakai datang dari daun, gambir, teh, kulit mahoni serta buah. Sedang, pewarnaan sintesis pasti memakai beberapa bahan kimia.

Batik yang dihasilkan kampung batik Giriloyo dapat disebutkan khusus, lantaran nyaris semuanya adalah batik catat. Batik catat asli ini memerlukan saat pembuatan seputar 1, 5 bln.. Walau lama, Anda bakal lihat hasil batik yang mengagumkan.

Nah, untuk pengunjung yang datang dengan rombongan, di Desa Wisata batik Yogyakarta  telah sediakan paket wisata batik. Apa sih paket wisata batik? Ini yaitu paket yang disiapkan Giriloyo untuk berkeliling kampung batik, serta praktek membatik dengan cara segera. Sayangnya, paket wisata ini dapat jalan dengan peserta minimum 5 orang.

Senang belajar batik, saat ini waktunya belanja. Di Giriloyo, terdapat beberapa toko yang jual batik dengan beragam motif serta jenis. Dari mulai kaos, baju sampai aksesori ada di kampung batik ini. Tidak cuma baju, Kampung Batik Catat Giriloyo juga jual sarung tangan, taplak meja, sarung bantal serta lukisan batik catat. Keren! Masalah harga cukup beragam, seluruhnya bergantung jenis serta type bahan yang dipakai. Tertarik?
Wisata Kerajinan Batik Yogyakarta, Wisata Batik Jogjakarta, Tempat Pembuatan Batik Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar