Minggu, 20 September 2015

Kampung Batik Giriloyo Menjadi Pusat Pengrajin Batik Tulis Asli Yogyakarta

Kampung Batik Giriloyo Menjadi Pusat Pengrajin Batik Tulis Asli Yogyakarta
Giriloyo sebenarnya nama dukuh (kampung) yang ada di selatan Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai sentra pengrajin batik tulis asli, khas kraton Mataram (Yogyakarta & sekitarnya). Lebih tepatnya di Desa Wukirsari,  Kec.Imogiri, Kab. Bantul, DI. Yogyakarta. yang saat ini lebih di kenal dengan kampung batik giriloyo

Hubungi Kami:

085-729-269-403

085-215-997-478

BB  : 5291-32F2

Office: Dsn. Giriloyo - Ds. Wukirsari 02/20 -Kec. Imogiri - Kab. Bantul Yogyakarta

Kampung Batik Giriloyo
Kampung Batik Giriloyo

Sentra Batik Giriloyo - Kerajinan batik tulis  sudah berkembang  di dusun ini lama sekali, berabad-abad tahun yang lalu. Hanya saja pada jaman dulu pengrajin batik di Giriloyo bisa dibilang hanyalah sebagai pemasok batik setengah jadi ke juragan batik di sekitar keraton Yogyakarta.
Saat ini pengrajin batik di Giriloyo sudah membuat sendiri kain batik sampai ke tahap akhir yaitu proses pewarnaan kain, baik pewarna alam maupun sintetis. Anda dapat berburu batik tulis asli di kampung ini: kampung Giriloyo. Banyak ragam motif batik tulis yang bisa anda temukan, yang klasik mengikuti pakem maupun kontemporer. Anda dapat melihat beberapa contoh motif batik Giriloyo di weblog ini.
Selain berbelanja batik anda juga dapat melakukan belajar membatik yang dikemas dalam paket wisata belajar batik maupun pelatihan dan kursues membatik untuk menambah skill  kemampuan membuat batik tulis. Paket wisata ini sangat pas untuk mengisi liburan sekolah, rekreasi keluarga maupun sebagai ajang studi banding. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang sudah mengunjungi kampung batik Giriloyo.
Dikampung ini sering juga digunakan untuk pembuatan film dokumenter yang berlatar belakang  kehidupan pedesaan sebagai pengrajin batik tulis tradisional. Anda dapat mengunjungi kampung ini sekitar 25 menit dari pusat kota Yogyakarta. Selamat berkunjung ke sentra batik tulis Yogyakarta tepatnya di Kampung Batik Giriloyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar