Sabtu, 14 Februari 2015

Wisata Belajar Membatik Di Yogyakarta

Wisata batik yogyakarta, Tempat wisata batik di yogyakarta ,desa wisata batik yogyakarta, tempat wisata batik jogja, wisata batik di jogja, wisata batik di yogya, wisata batik di yogyakarta, wisata batik tulis jogja, wisata pembuatan batik yogyakarta

Mengunjungi Yogyakarta , Anda tidak hanya bisa membeli dan menikmati karya seni batik yang mengagumkan , tetapi juga kesempatan untuk mempelajari teknik pembuatanya . Kesempatan berharga itu dikemas dalam paket wisata batik yang  menarik dengan durasi yang cukup singkat dan harga yang terjangkau , akan sangat menyenangkan .
Wisata Batik Yogyakarta
sentra batik giriloyo Batik berbagai dapat dipelajari meliputi batik , batik dan batik lukis . Setiap tempat yang menawarkan biasanya memiliki spesifikasi tersendiri tentang jenis batik yang diajarkan . Selama hari , biasanya dibagi menjadi dua sesi , anda akan belajar seluruh proses pembuatan batik yang umumnya terdiri dari pembuatan motif , pencelupan kain , malam ngorot dan proses pengeringan .
Biasanya , Anda bebas memilih pola yang akan dibuat . Motif unik yang bisa dibuat misalnya motif ceplok , motif cecek diparut dan semen motif . Semua motif yang ditemukan pada bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia . Ceplok terkandung di Borobudur , diparut drum perunggu motif hiasan cecek ditemukan di Zaman Perunggu motif semen sementara yang ditemukan di Ratu Kalinyamat makan .

Proses dilanjutkan dengan mewarnai kain . Caranya , kain yang telah dicelupkan ke dalam dimotif ember pewarna . Proses ini tampak sederhana , tetapi sebenarnya cukup sulit , terutama jika Anda ingin lebih dari batik warna dua . Banyak batik masih menggunakan pewarna alami yang terbuat dari bahan alam tertentu , tetapi ada banyak yang menggunakan pewarna sintetis .

Setelah pencelupan kain sampai merata , proses pembuatan batik diikuti oleh malam nglorot , atau melarutkan lilin tertanam dalam kain . Pada awalnya , menempatkan air dicampur dengan soda abu mendidih dan akhirnya mencelupkan kain sampai semua lilin larut dalam air . Ketika lilin tidak terlambat , maka harus dibersihkan posting pertama pelorotan .

Tahap akhirnya sedang mencuci . Bila menggunakan pewarna alami , maka pencuciannya tidak bisa menggunakan deterjen sebab akan merusak warna . Setelah mencuci , kain dikeringkan dengan cara diangin-anginkan dari sehingga warna tidak pudar . Setelah itu dikeringkan Anda dapat melihat batik perbedaan dicelup dengan pewarna alami , biasanya warnanya akan membosankan .

wisata batik Yogyakarta : Tempat Kursus Batik di Yogyakarta menyediakan instruktur profesional yang dapat membuat Anda mahir meskipun tentu saja dalam jangka pendek . Beberapa tempat juga memiliki instruktur yang menguasai bahasa asing , biasanya bahasa Inggris , sehingga memudahkan Anda untuk memahami materi yang diberikan .

Beberapa tempat yang menyediakan layanan kursus batik termasuk Kalpika studio yang terletak di taman desa , sebelah barat dari Istana . Di sana, Anda akan ditawarkan untuk belajar melukis batik . Bagi Anda yang ingin belajar membatik dan cap ( print ) , Batik Center adalah tempat yang tepat . Lembaga yang berlokasi di Jalan Kusumanegara menyiapak kekuasaan dan ruangan khusus bagia anda yang ingin belajar membatik . Biaya bervariasi sesuai dengan durasi yang diinginkan kursus , mulai dari Rp 250.000,00 menjadi $ 1.500.000,00 .

Selain batik belajar , Anda juga dapat mengamati kegiatan dan pekerjaan batik Kampung Taman yang sejak 30 tahun lalu untuk mengembangkan batik lukis . Anda juga dapat melihat berbagai karya yang dipamerkan di kepulauan batik Batik Balai

Wisata batik yogyakarta, Tempat wisata batik di yogyakarta ,desa wisata batik yogyakarta, tempat wisata batik jogja, wisata batik di jogja, wisata batik di yogya, wisata batik di yogyakarta, wisata batik tulis jogja, wisata pembuatan batik yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar