Selasa, 14 April 2015

Desa Wisata Batik Yogyakarta - Sentra Batik Giriloyo

Desa Wisata Batik Yogyakarta - Sentra Batik Giriloyo

Paket Wisata Batik Yogyakarta: Apabila Anda bertandang ke Yogyakarta, tak ada kelirunya menyempatkan sesaat saat untuk dapat berkunjung ke salah satu Desa Wisata Batik di daerah Giriloyo, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Barat Yogyakarta. Apabila akan bertandang ke sana, kita dapat memakai angkutan umum atau mobil pribadi, letaknya sendiri ada seputar 17 km arah selatan Yogyakarta.

Desa Wisata Batik Yogyakarta

Desa Wisata Batik Giriloyo: Daerah ini memanglah jadi salah satu sentra pembuatan batik yang di produksi oleh beberapa perngrajin dari kelompok ibu-ibu. Beragam motif batik juga telah banyak di hasilkan dari industry batik ini. Motif itu terwujud berbentuk beragam product yang banyak di tawarkan saat Anda bertandang ke desa wisata ini. Dari mulai product kaos, jarit (kain), sapu tangan, kain sarung sampai beragam type kerajinan batik yang lain. Seluruhnya di tawarkan juga sebagai souvenir yang dapat dibeli serta dibawa pulang oleh beberapa pengunjung. Harga yang di tawarkan juga bermacam, dari mulai beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah. wisata belajar membatik Yogyakarta

Paket Wisata Batik Yogyakarta:  Desa ini juga adalah salah satu desa yang bisa membuat ciri khas motif batik yang unik di Yogyakarta ini. Bahkan juga menaikkan daftar panjang motif batik Yogyakarta yang saat ini jumlahnya telah meraih 400-an motif. Dari mulai motif sido mulyo, sido asih, grompol dan lain-lain. Yang semasing motif itu mempunyai makna untuk penggunanya. Sebut saja motif sidomulyo, motif batik ini mempunyai makna bahwa si pengguna hidupnya bisa mulia, begitupun sido asih, di mana si pengguna diinginkan mempunyai kasih sayang. Motif grompol sendiri bermakna berkumpul serta dimaknai juga sebagai semua suatu hal yang bisa berkumpul dalam satu naungan rejeki, keturunan dan lain-lain. Ada lagi Motif Ratu Ratih serta Semen Roma sebagai perlambang dalam tunjukkan kesetiaan. Atau Semen Gendhang yang dimaknai juga sebagai motif yang menujukkan supaya si penggunanya yang disebut pengantin baru bisa selekasnya memperoleh momongan. Dan ada banyak type motif yang lain yang ada di Yogya serta Girimulyo ini yang memiliki kandungan arti serta harapan pada si penggunanya. Hingga nilai inilah yang sesungguhnya jadi landasan serta basic suatu budaya yang perlu selalu dilestarikan.

Wisata Batik Jogja di Giriloyo: Bicara permasalahan histori, awalannya desa ini memanglah belum jadi desa batik seperti yang ada sekarang ini. Tetapi, gempa bumi yang menempa lokasi Bantul Pada th. 27 Mei 2006, sudah bikin orang-orang pada akhirnya coba bangkit dengan dibantu oleh beberapa LSM yang bergerak dalam pemberdayaan orang-orang. Jadi, tidak heran, dalam kurun saat nyaris 6 th. sekarang ini desa wisata batik ini telah mulai tumbuh serta populer bukan sekedar di tataran lokal, nasional bahkan juga ke mancanegara. Apabila bertandang ke sana, , Anda juga akan nikmati sarana wisata yang telah disiapkan dengan paketan-paketan spesifik. Dari mulai sarana penginapan, makan, dan lain-lain. Bahkan juga pengunjungpun dapat segera lihat sistem pembuatan batik dari pertama sampai akhir (finishing). Janganlah cemas, masyarakat di sana bakal dengan suka hati mengajari, terutama ada pemandu wisata juga yang seawaktu-waktu bisa Anda tanyai disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar